Munculnya e-commerce telah mengubah cara berbelaja masyarakat Indonesia. Dari sebelumnya bersifat tradisional, yakni dengan bertemu secara fisik antara pembeli dan penjualan kini mulai berlangsun secara online. Dalam sistem belanja online, kunjungan merupakan kunci paling penting bagi sebuah e-commerce. Beberapa e-commerce melakukan promosi pada bulan puasa ini untuk meningkatkan trafik dan penjualan. Salah satunya adalah Tokopedia dengan promo Flash Sale serba Rp 25 ribu.
Berdasarkan data iPrice triwulan I 2018 Lazada merupakan e-commerce dengan pengujung terbanyak sepanjang triwulan I 2018, yakni mencapai 117,57 juta pengunjung. Dari jumlah tersebut sebanyak 22,77 juta pengunjung berasal dari media sosial Facebook. Kontribusi Facebook tersebut merupakan yang terbesar dibanding ke e-commerce lainnya seperti Tokopedia maupun Shopee yang masing-masing hanya mendapat kontribusi 17,4 juta dan 9,02 juta kunjungan.
Masih menurut iPrice, adapun kontribusi pengunjung e-commerce dari Instagram terbesar dicatat oleh Shopee sebanyak 713 ribu kunjungan, Hijup 688 ribu dan Lazada 556 ribu kunjungan. Sedangkan e-commerce dengan kontribusi pengunjung yang berasal dari Twitter terbesar adalah Blibli sebanyak 470 ribu, Lazada 345 ribu dan Tokopedia 161 ribu kunjungan.